Senin, 23 April 2012

Raise You up ..

23 April 2012

Selamat Pagi, Siang dan Malam .. yang masih berada di Dunia Maupun yang di Akhirat,,
Pada kesempatan kali ini penulis akan bercerita / share / berbagi Tips tentang Kontrol Emosi manusia Pada umumnya.. Sekedar berbagi ilmu sedikit tentang apa yang telah saya alami dan saya Pelajari dari Komunitas Motivasi Pemuda Indonesia .. Langsung yaa..

Postingan ini sengaja saya tulis karena resah dengan keadaan di Jejaring sosial, baik yang berlogo Burung maupun Jejaring sosial buatan abang Mark (FB) .. Dan Sometimes ada beberapa orang yang curhat ke saya, beberapa dari mereka menyebut kondisi mereka saat cerita itu dengan kata 'Galau' .. entah apa makna dari kata ini yang jelas kata ini sudah meracuni kita semua, bereaksi terlalu berlebihan ketika ada masalah .. dan cenderung berlama-lama dalam kondisi itu menikmati ke'galauan' bukannya move-on atau mencari solusi dari masalah yang sedang kita hadapi. semoga saja Postingan ini dapat mengispirasi Para pembaca semua ..

Memiliki 2 buah mata , 2 daun telinga , 2 pasang tangan dan kaki.. serta memiliki akal dan pikiran. Iyap, akal dan pikiran lah yang membedakan kita dari makhluk ciptaan Tuhan yang lainnya. Akal dan pikiran tersebut yang membedakan kita dari binatang, setiap makhluk di dunia ini mendapatkan porsi Rezeki(Nikmat) dan Cobaan sesuai porsinya, tidak terkecuali Binatang-binatang. Jika ada manusia terlahir cacat, binatang pun demikian. Hanya disetiap permasalahan itu yang membedakan adalah penyelesaiannya , Harusnya manusia lebih baik menyelesaikan masalah dibandingkan Hewan bukan ? Akal dan pikiran ini harusnya memberi solusi dari segala permasalahan kita.
so, yuk kita permainkan akal dan pikiran kita untuk mengontrol emosi dan keadaaan jika perlu.

Ada beberapa kaum atau umat manusia (Lebay) datang dan bercerita kepada saya, tentang masalah yang sedang dia hadapi, entah itu masalah asmara, keluarga , persahabatan, ekonomi&bisnis, olah raga , atau masalah kriminal ,, (semakin Lebay) .. mereka bercerita mulai dari Gebetannya diambil sahabatnya, pensil diambil sahabatnya, saat main bola direbut bola oleh sahabatnya.. itu baru masalah perebutan. belum lagi yang cerita kehilangan ada yang Diputusin Pacarnya ,, handphone hilang .. dll . ada yang masalah keluarga Anak enggak akur sama bapak, Ibu dan Bapak ada masalah, fiuh .. Sometimes saya takut saat beberapa Umat atau kaum bercerita ke saya, tapi saya tidak bisa amanah dan membocorkan cerita mereka,, (semoga enggak) AMINN

iya.. semua curhatan mereka kebanyakan berhubungan dengan yang namanya "Masalah" .. namun sadar atau tidak, bersyukurlah ketika kita mendapatkan sebuah masalah, terlebih lagi semakin ke depan masalah yang kita hadapi semakin besar, bukan selalu mendapatkan masalah yang itu-itu saja.

"Permasalahan adalah cara Tuhan menguji Umatnya untuk naik Tingkat(derajat)" #kakaoQuotes

logikanya begini, saat SD kita mendapatkan soal matematika berupa tambah-tambahan sampai perkalian, saat SMP kita mendapatkan soal cos,sin,tg .. dan SMA kita mendapatkan soal Integral, Turunan dan yang paling saya tidak suka yaitu Limit ..

para pembaca mengerti kan pada dasarnya masalah itu seperti ujian dalam sekolah, semakin lama-semakin sulit namun juga berbanding lurus dengan kecerdasan kita bukan, kemampuan berfikir kita jauh lebih baik saat kita SD ..
sama dengan masalah yang kita hadapi, semakin lama , sepertinya masalah kita semakin sulit di selesaikan ya,, :D    tapi kebanyakan dari kita, terlalu berlama-lama dengan masalah bahkan ada yang sampai menikmati masalah itu sendiri, bukannya di selesaikan .. #wweeeewww Bersyukurlah jika para pembaca sudah sadar bahwa masalah yang telah dihadapi semakin sulit, itu pertanda Kwualitas Anda dimata Tuhan telah naik, dari satu tingkat ke tingkat lain.

Solusi
ini nih ... kata yang sangat mengerikan dari setiap masalah .. Solusi .. kenapa saya bilang mengerikan ,, ini alasannya,, :
saat kita atau ada orang yang curhat dan minta pendapat atau solusi dari kita, beberapa atau banyak yang mengatakan

"Apa gue harus begini aja ya blaa,,,blaa...balaa...."
"gue tuh ya pengennya bla....bla..bla..."
"iya gue capek sama ini semua,, gua tuh cuma pengen .. bla..bla...bla..."
Dan Sebagainya ...
*Koresksi saya di kolom koment jika saya salah*

dapat saya pastikan 80% atau bahkan mencapai 95% hal tersebut sering terjadi, pada dasarnya kita, dia atau mereka yang sedang mendapatkan masalah tau jalan keluar dari masalahnya, kita tau benar mana yang terbaik untuk kita. Saat curhat kita cenderung bukan meminta solusi dari teman curhat, tapi kita meminta dukungan tentang apa yang sudah kita putuskan jalan keluarnya dari masalah yang kita hadapi. Benar?
Tapi masalahnya kita terlalu takut tentang pilihan / solusi yang telah kita pilih.. contoh :

"Iya gua ngerti tapi kan gua bla...bla...bla..."
"Tapi gua kan masih sayang sama blaa..blaa...blaa..."
"Masa harus begini ,, nanti masalahnya jadi .. bla..blaa...blaa..."

iyap.. rasa takut, kita takut Dengan yang namanya Resiko(akibat) .. sudah begitu kebanyakan dari kita hanya memikirkan resiko negatif bukannya yang positif .. -_-"
kita beralasan takut kehilangan, capek dengan kondisi yang gini-gini terus dsb.

Padahal yang namanya resiko itu selalu ada setiap saat ,, sejak kita lahir .. dan selalu ada resiko yang berimbang antara baik dan buruk. contoh :

Makan => kita kenyang, namun salah makan bisa sakit perut, mencret, muntah dll.
Olah Raga => Raga kita sehat, namun bisa berakibat cedera
Bernyanyi => kita senang melampiaskan emosi, namun kita dilempar sendal karena tetangga sebelah gak suka suara kita (pengalaman)

so, kenapa kita takut dengan Resiko ? kenapa kita hanya memikirkan resiko negatifnya ? coba pikirkan lagi . contoh :

Kehilangan => pasti sakit, namun pasti ada penggantinya bukan apakah itu pekerjaan yang lebih baik, pacar yang lebih baik, teman yang lebih baik.. benar ?

oke, kalo para pembaca belum yakin akan mendapatkan resiko(solusi) yang baik ,  Sekalipun kita mendapatkan jalan keluar yang sakit untuk kita Pribadi, kita merasa tersakiti, sampai menangis atau percobaan bunuh diri,, kita sering kali mendengar atau bahkan telah meyakini, Hidup ini selalu berputar saat ini diatas di waktu tertentu dibawah, nanti senang sekarang susah.

sadar atau tidak Selama kita hidup, kita sering sekali gagal dan selalu saja bangkit . kita illustrasikan saja betapa hebatnya Manusia : contohnya

Saat kita bayi, kita belajar berjalan dari tengkurep, gong-onggong, merangkak, berdiri, berjalan dan kemudian berlari. saat prosees itu berlangsung, pernahkah kita jatuh(gagal) ? Sering tentunya, dan tidak sedikit ada yang berakibat benjol, berdarah, patah(jatuh dati kasur) pokoknya sakit banget. tapi apa karena sakit itu kita berhenti belajar berjalan? tak habis fikir saya jika ada bayi yang nyerah belajar jalan dan mengatakan :

 "Udah ahh mama, aku enggak mau belajar jalan lagi, aku tuh capek tau enggak , sakit jatuh terus"

Bayangkan  kalo setiap bayi di muka bumi seperti itu .. haddeehh -_-"

Kegagalan (kehilangan, sakit hati dll) itu hal biasa, manusia sudah diprogram untuk siap menghadapi itu semua, kita diberikan akal pikiran untuk berusaha menyelesaikan masalah, menghadapi masalah dan menyelesaikan masalah.

"Karena kita adalah pemenang Kita bukan Pecundang yang berhenti berjuang"

Iya dinamika kehidupan yang bernama "Gagal" itu memang akrab dengan hidup ini. kadang berakibat sakit hati, nangis, bunuh diri, kabur dari rumah dan lain-lain.

Cobalah kita maklumi diri kita sebagai manusia dengan segala kekurangannya , kita bisa tersenyum ketika bahagia, menangis ketika menerima rasa sakit. jadi apapun Jalan keluar dari masalah kita, selama kita berusaha menyelesaikannya dengan sekuat tenaga namun berakhir dengan sakit atau gagal, jangan Takut itu hanya resiko, dan tidak dinilai dari hasilnya pula. Tuhan lebih senang menilai kita dari Proses kita menyelesaikan masalah, dengan kepala dingin kah, dengan emosi dll.  Hasil tidak lebih dari sekedar lampiran dari hasil kerja keras kita menyelesaikan masalah. :D

Ayooo semua.. kita bangkit dari Kegalau-an kita (buat yang galau ) .. yang lagi berusaha menyelesaikan masalah "Semangat jangan pernah menyerah, pikirkan dengan baik laksanakan dengan baik agar mendapatkan hasil maksimal" ..

Sekian
Terima Kasih

==========================Potongan Lirik==============================

ini adalah salah satu obat cara saya menenangkan diri ketika menghadapi masalah (galau) , saya sering mendengarkan dan menghayati lagu yang satu ini, untuk meningkatkan semangat atau bahkan berusaha ikhlas menerima kenyataan (hasil) .. tapi saya masukin reff nya saja :

Linkin Park 
"Iridescent" 


Do you feel cold and lost in desperation
You build up hope but failure’s all you’ve known
Remember all the sadness and frustration
And let it go, let it go

saya me maknainya seperti dibawah ini : 

"Saat kita telah berusaha membangun harapan, memperbaiki semua, namun selalu gagal .. Ingatlah semua kesedihan dan rasa sakit yang telah kita terima salam menghadapi ini semua (mungkin sedikit seperti pengecut) tapi kadang dengan mengingat hal tersebut kita bisa ikhlas dan membiarkannya Pergi Let it Go"

Wasslamm 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar